Uncategorized

 

Data dokter – Influenza atau flu adalah infeksi pada sistem pernafasan yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini mudah ditularkan melalui udara saat seseorang batuk, bersin atau berbicara. Virus yang keluar ke udara lalu terhirup oleh orang lain. Orang yang flu biasanya mengeluh tentang tersumbatnya hidung, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, nyeri otot, kelemahan, demam, dan menggigil

Banyak dari kita menghindari minum minuman dingin atau makan es selama musim flu, dengan alasan pilek . Benarkah es minum bisa membuat kita lebih rentan terhadap flu?

Es minum mengurangi kemampuan pertahanan jalan nafas

Saluran udara kita memiliki pertahanan untuk mencegah infeksi. Pertahanan ini termasuk menghasilkan lendir, gerakan bulu silia, dan respon batuk.

Ketika benda asing masuk ke jalan nafas, lendir akan berfungsi untuk menjebak benda asing. Setelah terjebak, pergerakan bulu-bulu silia akan menyapu tubuh asing dan lendir ke dalam tenggorokan. Jika lendir bercampur dengan benda asing itu banyak, maka akan timbul respon batuk. Respon batuk kemudian mendorong benda asing keluar sehingga tidak terjadi infeksi

Jika kita minum es, maka gerakan bulu silia akan terganggu oleh suhu es yang dingin.

Es minum membuat tubuh Tahan tubuh

Selain sistem pertahanan saluran napas, perlu diingat bahwa tubuh kita juga memiliki sistem kekebalan untuk melawan infeksi. Tapi saat kita makan es, sistem kekebalan kita tidak bisa bekerja optimal karena vasokonstriksi. Vasokonstriksi adalah penyempitan atau penyempitan pembuluh darah

Saat pembuluh darah menyempit, aliran darah akan menurun dan sel kekebalan yang mengarah ke sana juga berkurang. Ini mempengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang yang berkurang dan mudah terinfeksi.

Sebenarnya apakah minum es bisa menyebabkan flu?

Ingatlah bahwa flu itu sendiri disebabkan oleh infeksi virus, bukan karena kita minum minuman dingin. Minum es memang bisa meningkatkan risiko pilek karena suhu dingin bisa membuat sistem pertahanan jalan nafas dan kekebalan tubuh menurun. Namun terjadinya suatu penyakit dipengaruhi oleh tiga hal: kondisi orang tersebut sendiri, sumber infeksi, dan lingkungan.

Jika sistem kekebalan tubuh menurun misalnya dengan minum es, maka risikonya untuk flu juga meningkat. Virulensi dan jumlah virus flu juga berperan dalam timbulnya penyakit. Selain itu, lingkungan yang tidak sehat seperti paparan asap rokok dapat menyebabkan peningkatan risiko flu.

Apa yang harus dilakukan saat flu

Bila flu, Anda harus cukup istirahat, minum banyak air Putih, jangan merokok, dan jangan minum alkohol. Anda juga bisa minum obat yang bisa meringankan gejala flu Anda. Tapi jika Anda merasa gejala Anda berat untuk bernafas, berkonsultasilah dengan dokter Anda segera untuk terapi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *