Cara Hemat Listrik Rumah Tangga

Uncategorized

Cara Hemat Listrik – Seiring berkembangnya modernisasi muncul beragam eletronik yang membuat tagihan listrik di rumah kian hari semakin membengkak saja. Jika sudah seperti ini apakah anda harus menggunakan alat untuk lebih menghemat penggunaan listrik?? Tentu tidak perlu. Sebenarnya membengkaknya tagihan listrik bermula dari kebiasaan buruk kita dalam menggunakannya. Ada beberapa cara sederhana untuk mengatasinya, mari simak ulasan berikut.

  1. Nyalakan Peralatan Yang Menggunakan Listrik Seperlunya Saja

Matikanlah alat – alat yang menggunakan listrik ketika anda sudah tak lagi menggunakannya serta ingin melakukan aktifitas lain, seperti ketika ada telepon atau mengobrol dengan orang lain. Tanpa disadari ternyata televisi yang menyala secara terus menerus membuat pemakaian listrik menjadi lebih besar.

  1. Cabut Kabel Dari Sakelar

Perlu anda ketahui, jika peralatan yang dibiarkan menancap pada sakelar tanpa digunakan ternyata tetap saja mengalirkan arus listrik. Nah jika anda terbiasa menancapkan charger ponsel secara terus – menerus tanpa melepasnya sedikitpun mulai sekarang hindari kebiasaan ini, karena listrik akan terbuang sia – sia.

  1. Matikan Lampu

Berusahalah untuk tidak menggunakan lampu saat di siang hari. Karena kita masih dapat mengandalkan sinar matahari sebagai sumber penerangan. Oleh karenanya nyalakan lampu saat malam hari saja demi mengurangi beban listrik. Jadwalkan secara rutin jam berapa anda harus menghidupkan serta mematikan lampu agar daya yang dikeluarkan lebih stabil.

  1. Gunakan AC Seperlunya

Untuk mengurangi tagihan listrik cobalah untuk mengecilkan suhu ketika dalam ruangan hanya terdapat 1-3 orang saja. Serta matikan AC jika tidak digunakan, gunakan timer agar AC secara otomatis akan mati ketika suhu dalam ruangan dirasa telah cukup sejuk.

  1. Matikan Peralatan Elektronik Sebelum Tidur

Sebagian orang memiliki kebiasaan untuk tetap menyalakan TV sebelum tidur dengan alasan agar lebih mudah terlelap. Namun kebiasaan seperti ini lah yang menyebabkan meningkatnya tagihan listrik bulanan. Tak hanya televisi, melainkan elektronik lain pun jika perlu matikan juga seperti ponsel dan lampu kamar. Maka dari itu biasakanlah mulai saat ini untuk segera mematikan segala alat elektronik anda jika dirasa sudah mulai mengantuk.

Itulah 5 Tips menghemat tagihan listrik rumah tangga yang dapat kami informasikan kali ini. Semoga memberi manfaat baik untuk anda, terima kasih dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *