Tempat Menarik Di Wisata Kota Lama Semarang Penuh Sejarah Indonesia

Uncategorized

Berlibur di kota Semarang tidak lengkap apabila melewatkan wisata di wisata kota lama Semarang. Kota lama Semarang sudah berdiri ketika penjajahan Belanda jaman dulu kala. Bangunan mewah ala eropa sebagai saksi kekejaman penjajah Belanda kepada rakyat Indonesia. Namun, saat ini kota lama Semarang sudah berubah menjadi Wisata kota Lama Semarang.

Wisata Kota Lama Semarang
Wisata Kota Lama Semarang

Wisata kota lama Semarang memiliki sebutan lain oleh penduduk sekitar yaitu Little Netherland. Sebutan itu tidak berlebihan, lantaran di kawasan kota lama Semarang terdapat bangunan khas Eropa di lengkapi dengan ruangan mewah di dalamnya. Wisata Kota lama Semarang saat ini ramai di kunjungi oleh wisatawan sekedar berfoto atau pun menikmati suasana malam di kota Semarang. Berikut tempat menarik di sekitar kota lama Semarang:

1. Pabrik Rokok Paroe Lajar

Pabrik rokok Lajar merupakan pabrik rokok tertua di kota Semarang, pabrik rokok ini telah berdiri sejak penjajahan Belanda. Lokasi pabrik Paroe Lajar di kawasan kota lama Semarang di Jalan Merak No.15 Tanjungmas. Sebagai pabrik rokok Indie, segmen pemasaran pabrik paroe Lajar cukup terbatas yakni hanya melayani masyarakat ekonomi menegah kebawah. Namun produk pabrik Paroe Lajar cukup terkenal hingga Tegal, Pekalongan dan Pemalang.

2. Stasiun Tawang

Semarang memiliki stasiun dengan umur yang cukup lama, yakni stasiun Tawang. Bahkan sampai saat ini stasiun Tawang merupakan stasiun induk yang terdapat di kota Semarang. Stasiun Tawang memiliki konsep gaya vintage, bangunan ini sudah ada pada jaman penjajahan Belanda. Bahkan sampai saat ini tercatat bahwa stasiun Tawang merupakan salah satu stasiun terbesar dan tertua di Indonesia setelah stasiun kota di Jakarta.

3. Gereja Bleduk

Selain Lawang Sewu sebagai landmark kota Semarang, juga terdapat bangunan Gereja tua yang bernama gereja Bleduk. Nama Bleduk merupakan nama pemberian dari masyarakat sekitar yang berarti Kubah. Dengan ciri khas bangunan bercat putih serta memiliki kubah berwarna merah kecoklatan, menjadikan gereja Bleduk merupakan salah satu wisata menarik di kawasan wisata kota Lama Semarang. Konon kubah pada gereja Bleduk dilapisi oleh perunggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *