Air Hujan Bisa Diminum Langsung

Uncategorized

Hujan memempunyai peranan penting didalam putaran sirkulasi hidrologi pada bumi. Hujan diartikan sebagai proses kondensasi air pada atmosfer menjadi butiran air yang lumayan berat untuk jatuh serta bisa sampai ke daratan. Melalui siklus yang panjang tersebut, berawal dari penguapan air laut sampai terciptanya hujan, terkadang membuat sebagian dari kita bertanya-tanya, apa saja kandungan air hujan tersebut?
air hujan
Kandungan air hujan berasal pada reaksi zat-zat yang ada pada atmosfer dengan banyak butiran air yang melewatinya. Sebagian besar terdiri dari 99.9 persen massa H2O atau air dan sisanya ialah zat-zat yang terbawa serta tercampur dengan air hujan, zat tersebut berupa bentuk padat yang mudah larut pada air serta gas. Kandungan pada air hujan tergantung dari kondisi geologi, jumlah penduduk, serta aktifitas manusia di daerah tersebut.

Sehingga kandungan dari hujan tersebut akan berbeda-beda disetiap tempat. Sebagai contoh, dari daerah laut terbuka hingga daerah dekat dengan pesisir pantai, air hujan akan mengandung garam, CO2 serta bersifat asam. Sedangkan pada darat punya kandungan garam yang jauh lebih sedikit. Apalagi bila daerah perkotaan yang padat penduduknya, seperti Jakarta, bandung, surabaya, kalimnatnan dan lainnya kemungkinan kandungan air hujannya berasal dari sisa-sisa polusi.

Menurut beberapa ahli yang melakukan penelitian pada Faculty of Physical Education and Physiotherapy, Institute of Technology, Opole, Polandia, kandungan kimia yang ada di dalam air hujan bisa dijadikan sebagai sebuah indikator guna memonitor pencemaran lingkungan pada suatu tempat. Unsur kimia yang ada pada air hujan juga bisa digunakan sebagai penentu pengaruh faktor lingkungan didalam tubuh manusia. baca juga artikel kami tentang obat herbal kutil kelamin

Jika hujan turun pada lingkungan yang terawat / bersih, maka kandungan pengotor dalam air hujan juga bisa dikatakan sedikit, namun jika hujan turun pada daerah yang lingkungannya kotor / tidak bersih, maka akan banyak massa pengotor didalamnya. Proses pengecekan pH pada air hujan bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui kondisi dari lingkungan di sekitar Kita.

Bagusnya, ternyata air hujan sekarang bisa langsung diminum, dengan syarat air hujan tersebut jatuh langsung dari awan tanpa melewati benda atau perantara apapun. Air hujan yang sudah melewati perantara, tidak bisa dikonsumsi karena kemungkinan besar sudah tercemar oleh zat-zat berbahaya lainnya. Tetapi, air hujan cukup rendah kandungan mineralnya. Pada kenyataannya, orang yang minum air hujan berasal dari sungai dan sumur, di mana air tersebut sudah mengambil beberapa mineral dari tanah dan bebatuan.

Mungkin sekian dulu informasi terkait Air Hujan Bisa Diminum Langsung, Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *