Alat Musik Tradisional Khas Sumatera Barat

Uncategorized

Ada beberapa macam Alat Musik Tradisional Sumatera Barat yang perlu di ketahui. Daerah yang dimaksud Minangkabau ini miliki kebiasaan kesenian bersama ciri khas daerah yang unik terkecuali beberapa daerah di pulau Jawa.

Alat Musik Tradisional Sumatera Barat
Gambar Alat Musik Tradisional Sumatera Barat

Walau jaman selalu beralih, yang namanya kebiasaan serta warisan histori Indonesia mesti selalu dilestarikan. Tersebut satu diantara bentuk cinta kita pada bangsa serta negara ini. Jangan pernah hilang atau di klaim oleh negara beda. Alat musik tradisionil Indonesia yang ada tidak ternilai harga nya bila dibanding dengan sebatas materi. Oleh karenanya, rakyat Indonesia dari semua penjuru daerah mesti sadar dengan semuanya, tanpa ada kecuali.

Untuk melestarikan alat musik jaman dulu Indonesia yang beragam macam macamnya, situs (blog) Silontong ikhlas untuk selalu mengulas topik, judul artikel yang terkait dengan hal itu. Misalnya, dahulu sempat mengulas alat musik ritmis serta membahas alat musik melodis. Lalu dilanjutkan mengemukakan alat musik tradisionil Bali serta Jawa Barat. Tidak cuma itu, lagu daerah Jawa Barat juga juga pernah dipublikasikan di sini. Semuanya yaitu bentuk kecintaan pada tanah air Indonesia. Dengan kita senantiasa mengulas, juga akan keluar tanggapan serta rasa mempunyai pada itu semuanya. Bukanlah demikian, sahabat?

Sumatera Barat yaitu daerah yang dipenuhi dengan daya tarik wisatawan dari beragam daerah, termasuk juga luar negeri. Banyak tempat wisata lama serta baru selalu disosialisasikan manfaat tingkatkan industri wisata daerah setempat. Efek posistif yang lain, pemasukan daerah makin meroket serta menyumbang indeks ekonomi untuk pemerintahan pusat.

Baiklah, tersebut infonya yang saya kutip dari alatmusik.org.

Alat Musik Tradisional Sumatera Barat

1. Serunai

Alat musik tradisionil Serunai atau memiliki nama lain puput serunai ini merupakan alat musik tiup yang saat ini menurut orang-orang Minang menaikkan kekayaan khazanah Indonesia. Ada suatu penampilan yang begitu unik dari alat musik Serunai, hal unik tersebut ada pada bagian ujungnya yang mengembang dan bagian tersebut berfungsi untuk jadi besar volume nada bunyi.

2. Gendang Tabuik

Bentuk dari Gendang Tabuik mungkin terlihat seperti bangunan bertingkat tiga yang dibuat menggunakan kayu, rotan, serta bambu yang panjangnya 10 m. Di bagian bawah Tabuik berupa tubuh seekor kuda besar bersayap lebar serta berkepala “wanita” cantik berjilbab. Kuda gemuk tersebut terbuat menggunakan bahan dari rotan dan juga bambu yang berlapis kain beludru, lalu ada gambar kalajengking di bagian kakinya.

Gandang Tabuik dapat disebut paling fenomenal yang cuma berada di Sumatera Barat (Sumbar). Satu diantara yang mengakibatkannya, alat musik ini di buat dengan dana sampai beberapa puluh juta rupiah.

Bagaimana caranya memainkannya?

Langkah memainkan Gandang Tabuik ini biasanya diangkat dengan bersama oleh 50 orang. Serta untuk mengangkatnya jadi dibuatkan 4 buah balok bersilang dengan panjang sekitaran 10 mtr. dibagian bawah Gandang Tabuik ini.

3. Bansi

Bansi adalah seruling Minangkabau. Bentuk alat musik ini pendek dan mempunyai tujuh (7) lubang. Beritanya, langkah memainkan alat musik tradisionil ini begitu gampang, karna Ukurannya yang pendek itu mempermudah siapa saja untuk belajar, bahkan juga untuk yang jari-jemarinya pendek atau kurang lentur.

Terbuat dari dari bambu, Bansi pas dimainkan sembari menemani beragam jenis alunan musik.

Yang buat menarik, alat musik tempo dahulu ini mempunyai suara standard hingga dapat dipakai untuk memainkan atau menemani baik musik tradisionil ataupun lagu-lagu moderen.

Dalam sebenarnya, Bansi seringkali digunakan untuk menemani tarian tradisionil di Sumbar seperti tari pasambahan.

4. Saluang

Saluang termasuk juga dalam kelompok alat musik tiup yang terbuat dari bambu tidak tebal atau talang. Konon, beberapa orang di Minangkabau percaya kalau bahan yang terbagus untuk di buat saluang datang dari talang untuk jemuran kain atau talang yang diketemukan tenggelam di sungai.

5. Talempong

Talempong adalah alat musik jam tradisionil di Minangkabau. Bahan untuk buat Talempong dapat berbahan kuningan, tapi diketemukan ada juga Talempong yang terbuat dari kayu serta batu. Seiring waktu berjalan, saat ini Talempong dari terbuat dari type kuningan-lah semakin banyak digunakan.

6. Pupuik Tanduak

Tidak hanya berperan jadi alat musik saja, Pupuik Tanduak juga digunakan sering berguna jadi isyarat ada sebuah pengumuman dari pemuka pada warga kampung di Minangkabau.

Ada yang unik dari pembuatan Pupuik Tanduak hal itu adalah lewat cara memotong ujung tanduk yang membuat rongga hingga ke pangkalnya. Langkah membunyikan alat musik ini dengan cara ditiup. Mengenai nada yang di keluarkan mirip bunyi terompet yang melengking terdengar di telinga.

Diluar itu, Pupuik Tanduak yaitu alat musik simpel yang mempunyai suara tunggal. Fungsi dari alat musik ini untuk menjadi kode ataupun isyarat untuk orang-orang setempat. Selain itu juga berfungsi sebagai penanda waktu sholat, terutama saat Shubuh serta Maghrib.

7. Rabab

Rabab adalah alat musik gesek tradisionil ciri khas Minangkabau. Alat musik ini terbuat dari tempurung kelapa. Biasanya dalam pertunjukan musik rabab ini diceritakan beragam narasi nagari atau di kenal dengan arti Kaba.

8. Tambua

Tambua dengan kata lain tambur yaitu alat musik dari Sumatera Barat. Alat murik ini adalah alat musik perkusi popular di Minangkabau. Walau simpel, alat musik tradisionil ini mempunyai daya buat acara kebiasaan jadi meriah.

Mempunyai ketinggian semasing sekitaran 75 cm, sesaat diameternya menjangkau 1/2 mtr.. Satu set Tambua terbagi dalam enam buah Tambur serta semua memiliki ukuran sama, dan dimainkan oleh sekumpulan pemuda. Bila Anda sempat tahu bentuk satu set bedug mini, demikianlah penampilan Tambua.

Bagaimana caranya memainkan Tambua?

Untuk memainkan alat musik Tambua mesti ada sekumpulan orang. Bila telah ada beberapa orang yang siap mengelompokan diri untuk memainkan alat musik Tambua, irama serta nada yang riuh juga mulai terdengar ditelinga. Serta umumnya, pertunjukan kesenian musik Tambua dimainkan didalam hajatan atau acara pernikahan.