4 Jenis Investasi Bermodal Minim Yang Cocok Untuk Pemula

Uncategorized

Related image

Investasi kerap diasosiasikan dengan para pebisnis yang bermodal besar. Selain itu, investasi juga dianggap sebagai sesuatu yang rumit. Akan tetapi, ternyata ada juga investasi yang bisa dijangkau dengan modal sedikit. Tidak hanya itu, investor juga akan dipermudah untuk melakukan penanaman modal, misalnya seperti value investing. Kita tidak perlu perlu lagi khawatir dengan modal yang besar saat ingin dapat modal seperti yang lainnya! Anda kini dapat tetap melakukan investasi hanya dengan modal yang minim dan ramah kantong. Beberapa jenis investasi yang dapat Anda coba ialah:

  • sukuk ritel
  • saham
  • reksa dana
  • investasi emas

1. Sukuk Ritel

Investasi ini ini dikategorikan sebagai investasi syariah. Pilihan investasi ini diterbitkan negara secara retail. Oleh sebab itu, dalam administrasi, sebutan panjangnya adalah Surat Berharga Syariah Negara Ritel (Sukuk Ritel). Secara pengertian, Sukuk Ritel adalah surat berharga negara yang diterbitkan berdasarkan prinsip syariah.

Sukuk ritel termasuk salah satu investasi yang tidak membutuhkan banyak modal karena kita bisa membelinya dengan harga yang lumayan terjangkau. Untuk satu unit sukuk, biasanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 1.000.000,-. Biasanya, bank penerbit sukuk ini menetapkan batasan minimum pembelian, namun masih dapat dikategorikan murah. Tidak perlu khawatir dengan keamanannya, dengan penyedia jasa yang terpercaya dan ketelitian dana Anda akan aman dan berkembang.

2. Saham

Pandangan bahwa hanya investor besar yang boleh bermain saham, baiknya segera Anda jauhkan dengan pikiran. Sebab, investor besar bukanlah satu-satunya orang yang dapat bermain saham, Anda yang memilikii modal minim pun kini sudah bisa memulainya. Selain itu, tersedianya bahan ajar dan kursus mengenai saham serta ahli yang dapat disewa untuk membantu kegiatan dari pilihan investasi Anda ini pun semakin membuatnya mudah untuk dilakukan.

Kini, hanya dengan modal awal sekitar ratusan ribu rupiah, Anda telah mampu membeli saham sebuah perusahaan. Bahkan, dengan uang senilai Rp 5.000.000,- , Anda telah dapat membuat sebuah rekening di broker saham dan mulai berinvestasi. Sungguh sebuah pilihan investasi dengan kemudahan dan manfaat yang menarik, bukan?

3. Reksa Dana

Kumpulan dana dari investor yang kemudian dibelikan berbagai instrumen investasi seperti saham atau obligasi di banyak perusahaan, disebut sebagai reksa dana. Selain dana yang terus berkembang, keuntungan memiliki pilihan investasi reksa dana adalah uang investor ini kemudian disebar ke banyak perusahaan. Dengan menuruti prinsip diversifikasi ini, diharapkan risiko kerugian yang mungkin terjadi pun dapat menurun.

Umumnya, perusahaan reksa dana mengharuskan seorang investor untuk menyetor dana dalam jumlah besar. Namun, bagi Anda yang masih pemula dan belum memiliki modal yang besar, tersedia pula perusahaan reksa dana dengan syarat minimum investasi serendah Rp. 500 ribu bahkan kurang. Akan tetapi, hindari memilih jasa penyedia investasi reksa dana secara sembarangan.

4. Investasi Emas

Jenis investasi yang masih menjadi favorit masyarakat Indonesia ini memang terkenal mudah dan menguntungkan. Cukup dibekali modal yang murah dan kemampuan untuk membaca harga pasar, siapa saja dapat memperoleh keuntungan dari pilihan investasi yang satu ini. Untuk memulai investasi emas, Anda dapat memulainya dengan satuan yang terkecil. Lalu, seiring berjalannya waktu, gunakanlah berbagai strategi untuk mendapatkan keuntungan. Misalnya adalah keuntungan klasik yakni menjualnya saat harga pasar sedang tinggi. Keuntungan tersebut kemudian dapat digunakan untuk menambah investasi Anda.

Walau dibandingkan dengan jenis investasi lainnya emas masih kurang menguntungkan, investasi emas masih dapat dikategorikan aman sebab selalu ada kenaikan harga. Selain itu, Anda pun kini dapat melakukannya di rumah maupun lembaga yang aman. Cukup mudah, bukan?