Memilih Baja Ringan untuk Rangka Atap Rumah harus Tahu Kelebihan dan Kelemahannya

Uncategorized

Baja ringan memang sekarang ini lebih banyak digunakan untuk menggantikan bahan bangunan lainnya seperti kayu atau baja konvensional untuk angka atap. Biasanya, rangka atap yang dibuat dari baja ringan memiliki sifat yang kokoh dan juga kuat sebagai struktur sebuah bangunan. Baja yang dijual di pasaran saat ini memiliki mutu yang sangat tinggi dengan gaya tarik baja ringan yang di atas 550 MPA. Tetapi dengan semakin berkembangnya zaman, membuat baja ini dijual dalam berbagai jenis dan gaya tariknya itu berkisar dari 650 MPA sampai 920 MPA. Baja ini selalu diproduk dengan profil C, meskipun terdapat banyak profil lain seperti L dan juga kotak/hollow. Sedangkan profil yang terdapat pada baja akan sangat membantu dalam meningkatkan gaya tekan. Jasa pemasangan baja ringan tidak sulit lagi anda dapatkan, karena jasa ini ada di mana-mana.

Keunggulan baja yang berikutnya yaitu sifat seragam yang dimilikinya. Seperti yang kita semua tahu, baja diproduksi dengan standar mutu yang seragam, sehingga wajar jika kualitasnya tidak akan mengalami banyak perubahan sepanjang penggunaan. Dibuat dan diproses di pabrik, membuat rangka atap baja ringan memiliki mutu yang lebih konsisten dibandingkan dengan rangka atap lainnya. Salah satu hal yang membuat baja ringan ini lebih unggul dari yang lain adalah tahan terhadap serangan rayap sehingga memiliki waktu ketahanan yang lebih lama. Maka dari itu sangat wajar bila baja ini memiliki usia pemakaian yang lebih lama jika dibandingkan dengan baja konvensional ataupun kayu. Selain itu pula, yang membuat baja ini lebih unggul yaitu tidak diperlukannya sebuah perawatan atau pemeliharaan secara lebih intens. Sehingga akan membuat Anda lebih menghemat pengeluaran setidaknya dalam waktu yang cukup lama.

Menggunakan baja ringan untuk digunakan sebagai keperluan dalam membangun rangka atap rumah Anda akan sangat membantu untuk melindungi atap rumah Anda di penyerbuan rayap dan juga karat sehingga bisa tahan di segala cuaca. Selain itu dengan menggunakan baja ini Anda juga berkontribusi dalam melestarikan lingkungan sekitar Anda. Apalagi jika Anda menggunakan truss, maka atap rumah Anda setidaknya akan bertahan sampai dengan puluhan tahun. Tetapi hal yang perlu diingat adalah meskipun baja ini memiliki banyak keunggulan yang banyak, namun pemasangannya juga harus dilakukan orang-orang yang suda berpengalaman di bidang tersebut. Jangan sampai baja ringan yang sehausnya kuat dan mampu menahan beban di atasnya menjadi tiba-tiba roboh akibat dipasang tidak dengan benar. Maka dari itu, ketika Anda menggunakan orang yang memahami hal tersebut, maka ia akan melakukan banyak perhitungan yang pada setiap sisi pemasangan.